film

Rabu, 23 April 2014

PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL




PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Media Pembelajaran : Timbangan Satu Variabel
1.      Menemukan konsep kalimat tertutup dan kalimat terbuka
Kalimat tertutup adalah pernyataan yang mengandung nilai benar saja atau salah saja, tetapi tidak sekaligus kedua-duanya. Contoh :
a.       Tiga kelereng lebih ringan dari lima kelereng.
b.      Enam kelereng ditambah empat kelereng sama dengan sepuluh kelereng.
c.       Alat untuk mengukur berat adalah timbangan.
Cara kerja:
a.       Tunjukkan media pembelajarannya (Timbangan dan Kelereng).
b.      Untuk menjelaskan contoh yang pertama, kita masukkan tiga kelereng kedalam mangkok1, dan lima kelereng ke mangkok2.
c.       Contoh kedua, kita mengambil kelereng sebanyak enam dan ditambah kelereng lagi sebanyak empat, maka kelereng tersebut berjumlah sepuluh.
d.      Untuk membuktikan contoh ketiga, kita tadi sudah mengukur berat tiga kelereng dan lima kelereng, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat untuk mengukur berat adalah timbangan.
e.       Dari tiga contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa “ kalimat tertutup adalah pernyataan yang mengandung nilai benar saja atau salah saja, tetapi tidak sekaligus kedua-duanya”.
Kalimat terbuka adalah pernyataan yang tidak mengandung nilai benar atau salah sebab masih membutuhkan pembuktian nilai yang belum diketahuinya. Contoh : 4 + x = 10
Cara kerja:
a.       Kita tunjukkan medianya (timbangan dan kelereng)
b.      Dari contoh (4 + x = 10), kita letakkan empat kelereng di mangkok1 dan sepuluh kelereg di mangkok2, untuk menyemakan berat kedua mangkok ditambahkan enam kelereng ke mangkok1.
c.       Kemudian dari penjelasan contoh (4 + x = 10), dapat ditarik kesimpulan bahawa “ kalimat terbuka adalah pernyataan yang tidak mengandung nilai benar atau salah sebab masih membutuhkan pembuktian nilai yang belum diketahuinya”.
2.      Menemukan konsep persamaan linier satu variabel.
Persamaan Linier Satu Variabel adalah kalimat terbuka yang dihubungkan tanda sama dengan ( “=”) dan hanya mempunyai satu variable berpangkat 1. Bentuk umum Persamaan Linier Satu Variable adalah ax + b = 0
Contoh: a.  x + 7 = 9
            b. m – 4 = 8
Cara kerja :
a.       Ambil kantung plastik dan kelereng sesuai dengan soal yang telah dipilih.
b.       Masukkan kelereng ke dalam kantung plastik sesuai dengan jawaban tersebut, dimana banyaknya kelereng yang dimasukkan pada masing-masing kantung jumlah kelereng sama dengan contoh.
c.       Letakkan plastic yang berisi tujuh kelereng ke mangkok1 dan plastic yang berisi Sembilan kelereng ke mangkok2.
d.      Untuk menyamakan mangkok1 dan mangkok2, maka mangkok1 ditambah sampai timbangan tersebut setimbang.
e.        Dari percobaan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa persamaan satu variabel itu harus bernilai sama (=).
3.      Menemukan konsep pertidaksamaan linier satu variabel.
Pertidaksamaan Linier Satu Variabel adalah kalimat terbuka yang dihubungkan tanda sama dengan ( “<, >, ≥, ≤”) dan hanya mempunyai satu variable berpangkat 1. Contoh: 1. 4 + x > 7
Cara kerja:
a.       Ambil kantung plastik dan kelereng sesuai dengan soal yang telah dipilih.
b.      Masukkan kelereng ke dalam kantung plastik sesuai dengan jawaban tersebut, dimana banyaknya kelereng yang dimasukkan pada masing-masing kantung jumlah kelereng sama dengan contoh.
c.       Letakkan plastic yang berisi empat kelereng ke mangkok1 dan plastic yang berisi tujuh kelereng ke mangkok2.
d.      Untuk menunjukkan lebih berat di mangkok1 dari mankok2, maka mangkok1 ditambah sampai timbangan tersebut lebih berat pada mangkok2.
e.        Dari percobaan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pertidaksamaan satu variabel itu bernilai <, >, ≥, ≤.
Kelebihan Media Pembelajaran
1)      Lebih mempermudah pemahaman konsep peserta didik SMP mengenai materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PLSV).
2)      Sebagai media yang konkrit dalam menjelaskan kepada peserta didik.
3)      Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik
4)      Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya.

Kekurangan Media Pembelajaran
1)      Banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan.
2)      Perlu kesediaan berkorban secara materiil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar