PERSAMAAN
DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Media
Pembelajaran : Timbangan Satu Variabel
1.
Menemukan
konsep kalimat tertutup dan kalimat terbuka
Kalimat
tertutup adalah pernyataan yang mengandung nilai benar saja atau salah saja,
tetapi tidak sekaligus kedua-duanya. Contoh :
a.
Tiga
kelereng lebih ringan dari lima kelereng.
b.
Enam
kelereng ditambah empat kelereng sama dengan sepuluh kelereng.
c.
Alat
untuk mengukur berat adalah timbangan.
Cara
kerja:
a. Tunjukkan media pembelajarannya
(Timbangan dan Kelereng).
b. Untuk menjelaskan contoh yang
pertama, kita masukkan tiga kelereng kedalam mangkok1, dan lima kelereng ke
mangkok2.
c. Contoh kedua, kita mengambil
kelereng sebanyak enam dan ditambah kelereng lagi sebanyak empat, maka kelereng
tersebut berjumlah sepuluh.
d. Untuk membuktikan contoh ketiga,
kita tadi sudah mengukur berat tiga kelereng dan lima kelereng, sehingga dapat
disimpulkan bahwa alat untuk mengukur berat adalah timbangan.
e. Dari tiga contoh tersebut dapat
disimpulkan bahwa “ kalimat tertutup adalah pernyataan yang mengandung nilai
benar saja atau salah saja, tetapi tidak sekaligus kedua-duanya”.
Kalimat
terbuka adalah pernyataan yang tidak mengandung nilai benar atau salah sebab
masih membutuhkan pembuktian nilai yang belum diketahuinya. Contoh : 4 + x = 10
Cara
kerja:
a. Kita tunjukkan medianya
(timbangan dan kelereng)
b. Dari contoh (4 + x = 10), kita
letakkan empat kelereng di mangkok1 dan sepuluh kelereg di mangkok2, untuk
menyemakan berat kedua mangkok ditambahkan enam kelereng ke mangkok1.
c. Kemudian dari penjelasan contoh
(4 + x = 10), dapat ditarik kesimpulan bahawa “ kalimat terbuka adalah
pernyataan yang tidak mengandung nilai benar atau salah sebab masih membutuhkan
pembuktian nilai yang belum diketahuinya”.
2. Menemukan konsep persamaan linier
satu variabel.
Persamaan Linier Satu Variabel adalah kalimat terbuka
yang dihubungkan tanda sama dengan ( “=”) dan hanya mempunyai satu variable
berpangkat 1. Bentuk umum Persamaan Linier Satu Variable adalah ax + b
= 0
Contoh:
a. x + 7 = 9
b. m – 4 = 8
Cara
kerja :
a.
Ambil kantung plastik dan kelereng sesuai dengan soal
yang telah dipilih.
b.
Masukkan kelereng ke dalam kantung plastik sesuai
dengan jawaban tersebut, dimana banyaknya kelereng yang dimasukkan pada
masing-masing kantung jumlah kelereng sama dengan contoh.
c.
Letakkan plastic yang berisi tujuh kelereng ke
mangkok1 dan plastic yang berisi Sembilan kelereng ke mangkok2.
d.
Untuk menyamakan mangkok1 dan mangkok2, maka mangkok1
ditambah sampai timbangan tersebut setimbang.
e.
Dari percobaan
tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa persamaan satu variabel itu harus
bernilai sama (=).
3. Menemukan
konsep pertidaksamaan linier satu variabel.
Pertidaksamaan Linier
Satu Variabel adalah kalimat terbuka yang dihubungkan tanda sama dengan (
“<, >, ≥, ≤”) dan hanya mempunyai satu variable berpangkat 1. Contoh: 1. 4
+ x > 7
Cara kerja:
a. Ambil
kantung plastik dan kelereng sesuai dengan soal yang telah dipilih.
b. Masukkan
kelereng ke dalam kantung plastik sesuai dengan jawaban tersebut, dimana
banyaknya kelereng yang dimasukkan pada masing-masing kantung jumlah kelereng
sama dengan contoh.
c. Letakkan
plastic yang berisi empat kelereng ke mangkok1 dan plastic yang berisi tujuh
kelereng ke mangkok2.
d. Untuk
menunjukkan lebih berat di mangkok1 dari mankok2, maka mangkok1 ditambah sampai
timbangan tersebut lebih berat pada mangkok2.
e. Dari percobaan tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa pertidaksamaan satu variabel itu bernilai <, >, ≥, ≤.
Kelebihan Media Pembelajaran
1)
Lebih mempermudah pemahaman konsep peserta didik SMP
mengenai materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) dan Pertidaksamaan Linear
Satu Variabel (PLSV).
2)
Sebagai media yang konkrit dalam menjelaskan kepada
peserta didik.
3) Menumbuhkan minat belajar siswa
karena pelajaran menjadi lebih menarik
4) Membuat lebih aktif melakukan
kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan
sebagainya.
Kekurangan Media Pembelajaran
1) Banyak waktu yang diperlukan untuk
persiapan.
2) Perlu kesediaan berkorban secara
materiil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar